Kamis, 17 Oktober 2013

Definisi ilmu budaya dasar & Pro Kontra Miss World


Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu atau ilmu pengetahuan adalah usaha untuk menyelidiki, menemukan, pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari   keterbatasannya.merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit termasuk sistem agama dan politik,adat istiadat,bahasa,perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.secara sederhana ilmu budaya dasar adalah ilmu pengetahuan yang memberikan pengetahuan dasar atau umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah kebudayaan agar manusia dapat mengetahui tentang kebudayaan.Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari bahasa Inggris “The Humanities”. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humanus yang bias diartikan manusia, berbudaya dan halus.Dengan demikian bias dikatakan bahwa humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya.Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya, lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan dikelompokkan dalam 3 kelompok besar, yaitu:
1.Ilmu-ilmu  Alamiah ( natural scince ).
Ilmu-ilmu Alamiah bertujuan untuk mengetahui aturan-aturan yang ada di alam semesta ini.Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antar lain astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, mekanika.

2. Ilmu-ilmu sosial (social science)
Ilmu-ilmu social bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu social antara lain ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum, dsb.
3. Pengetahuan budaya (the humanities)
Pengetahuan budaya  bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Pengethuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencangkup keahlian (disiplin) seni dan filsafat.Keahlian ini pun dapat dibagi-bagi kedalam berbagai bidang keahlian, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dll.

TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR

Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian jelaslah bahwa mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang  termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities).akan tetapi ilmu budaya dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cam memperluas wawasan pemikiran serta kemarnpuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik  yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :
1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang bane, terutama untuk kepentingan profesi mereka
2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemánusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas.kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu yang ketat.
Pro Dan Kontra “Miss World 2013”

MISS World 2013 akan menjadi perhelatan bergengsi terbesar di Indonesia. Apalagi ajang ini merupakan yang pertama kali digelar di Tanah Air.
Tak heran jika perhelatan tersebut membawa makna tersendiri bagi masyarakat khususnya Indonesia."Ajang ini punya arti bagi Indonesia, apalagi akan disiarkan lebih dari 130 negara.Mereka akan tahu misalnya Bali adalah bagian dari Indonesia.  Namun menjelang event ini digelar, muncul berbagai pro dan kontra dalam penyelenggaraannya.ada fenomena unik dan menarik sekaligus kagum ketika kita menyaksikan, ternyata pakaian adat yang kita punyai dari 33 provinsi itu sangat indah dipakai dengan aneka warna yang dikenakan oleh para kontestan Miss World 2013. Secara tidak langsung, ada perasaan kagum dan terkesima pada bangsa sendiri yang ternyata memiliki keanekaragaman budaya yang dicerminkan melalui pakaian adatnya.Selama ini perempuan perempuan di dunia sudah terbiasa dengan memakai pakaian bikini berlenggak-lenggok di ajang Miss World, namun di Indonesia ada pemandangan lain yang paling tidak cukup menggembirakan kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia.
Beberapa nilai positif, ajang Miss World 2013 diselenggarakan di Indonesia. Event ini merupakan kesempatan bangsa Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita merupakan negara yang kaya akan budaya dan potensi dalam peradaban manusia. Hal ini akan membuat bangsa Indonesia dikenal lebih luas, sehingga bahwa kesan di Bali lebih terkenal dibandingkan Indonesia tidak lebih dominan, justru dengan ajang ini ingin membuktikan kepada dunia luar bahwa Bali merupakan salah satu dari banyak tempat dan budaya yang ada di Indonesia. Dengan ajang ini, kita dapat untuk memperjuangkan perubahan social dan budaya di masyarakat yang masih memandang perempuan sebagai ”hal yang sepele”. Hal yang perlu menjadi titik pandang adalah langkah awal kita memperkenalkan kepada dunia bias dilakukan melalui simbolisasi dengan memperkenalkan tatanan budaya yang ada di Indonesia.
Kontra terhadap kontes Miss World 2013 sejak pertama kali menegaskan bahwa ini bertentangan dengan Islam.Sudut pandang Islam ini terpancar dari sikap penolakan dan konsisten elemen umat.Harus disadari bahwa penolakan kontes ini berasal dari kedalaman iman.Bukan sekadar tidak sesuai dengan kebudayaan atau kearifan lokal.Memang tidak dapat dipungkiri, kontes serupa juga sering digelar di Indonesia.Apabila kontes Miss World 2013 jadi dihelat.Maka semakin menunjukan jika negeri ini semakin menuju kepada liberalisasi budaya dan hidup.
kesimpulan dari ajang Miss World 2013 yaitu dengan di selenggarakan di Indonesia kita dapat memperkenalkan kebudayaan yang ada di Indonesia lebih luas lagi. Kita pun tidak selalu memandang ajang Miss World 2013 sebagai ajang yang negative kita dapat mengambil hikmahnya.karena ajang Miss World 2013 tidak selalu memakai pakaian bikini tetapi mereka juga bias menunjukkan bahwa mereka bias menjadi wanita yang bias membawa nama baik Negara mereka masing-masing dan menambah wawasan tentang kebudayaan.
http://edisugiartonos.blogspot.com/2011/10/tugas-ibd-part-1-pengertian-ibd-dan.html
http://lifestyle.okezone.com/read/2013/09/13/195/865603/ke-indonesia-an-miss-world-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar